print this page Klik Print

Menyikapi kritik dengan CINTA


Pada abad 18 H, bencana kelaparan hebat melanda wilayah Arabiah Utara, Khalifah Umar ra. melewati hari-harinya tanpa istirahat dan tidak bisa tidur memikirkan cara bagaimana menanggulangi bencana tersebut. Ia bersumpah tidak akan minum susu dan mentega sampai bencana kelaparan ini berakhir.

Bencana kelaparan yang di susul dengan wabah mematikan menyebar di syria. Umar mengambil untanya dan berangkat ke daerah itu untuk melihat langsung kondisi rakyatnya. Dalam perjalanan pulang, ada sebuah tenda kecil yang menarik perhatian sang Khalifah, umar melihat seorang wanita tua duduk di depan tendanya.  Khalifah Umar menyapa, 
" Apakah anda tahu tentang khalifah umar?"

" Ia sedang dalam perjalanan pulang dari Syria ke Madinah," jawab wanita tua itu

" Apalgi yang perlu engkau ketahui "? tanya Umar lagi dengan nada menyelidik.

" Apalagi yang perlu diketahui dari orang jahat itu ? biarkan dia pergi ke tempat anjing-anjingnya," jawab wanita yang tidak mengetahui bahwa yang berada di depannya adalah Khalifah yang sedang diperbincangkan. 

" Mengapa begitu, wahai Ibu ?"

" Mengapa tidak ! Dia tidak memberi kami apa-apa hingga sekarang," jawab si wanita ketus.

" Tetapi bagaimana ia bisa tahu segala sesuatu yang terjadi di wilayah yang jauh ini ?" 

" Jika dia tidak tahu kondisi rakyatnya, mengapa ia masih tetap menjabat sebagai Khalifah ?" kritiknya makin pedas.

Khalifah terbuka hatinya. Ia memberi hormat kepada wanita itu seraya berbisik lirih kedalam lubuk hatinya,    " Ibu, anda telah memberi umar pelajaran."

Itulah sepenggal dialog Umar sang Khalifah, sosok pemimpin tegas dan di segani namun ketika bencana besar melanda wilayah kekuasaannya, segala upaya telah di lakukannya sampai ia bertekad tidak akan minum susu dan mentega hingga bencana kelaparan berakhir. Siapa yang tidak mengenal Umar tentang kesungguhan, pengorbanan dan kesederhanaan yang telah banyak menoreh tinta emas dalam sejarah. Tapi bagaimana apresiasi sebagian rakyatnya ? ternyata wanita tadi justru mengkritik dan mengumpat didepannya sendiri !.

Bagaimana dengan Kita saat ini ?

Tanpa malu kita mencurahkan segala keluh kesah di dunia maya, bahkan sampai merasa terdzolimi padahal kita sedang di ingatkan untuk senantiasa intropeksi diri atas apa yang kita lakukan. Sang khalifah begitu cerdas menguasai emosinya dan ia memenangkan dirinya atas hawa nafsunya. Ia merasa sedang tidak di hakimi namun sebaliknya ia bebisik lirih dalam hatinya " Ibu, anda telah memberi umar pelajaran." Itulah Umar sang Khalifah mampu menyikapi kritik dengan CINTA, dan tetap menuntaskan KERJAnya karena ia yakin semua bisa ia bangun dengan adanya HARMONI dalam kepemimpinannya. Wallauhu Alam Bisshawaab.

* Yahya Ayyasy, Poso Kota Utara

Bukanlah seorang penulis apalagi seorang plagiator, tapi hanya coba berbagi atas apa yang di dengar, di lihat dan di baca....

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kehormatan buat kami jika selesai baca Anda beri komentar atas isi artikel ini, namun kawan komentarnya yang sopan ya...!!! he..he..

◄ Newer Post Older Post ►

Para Sahabat

Nasehat Sang Murabbi

Nasehat Sang Murabbi

Sekilas

Sekilas
Bukanlah seorang penulis apalagi seorang plagiator, tapi coba berbagi atas apa yang di dengar, di lihat dan di baca....

Nasyid

Jangan lupa di LIKE ya,,,

×
 

Copyright 2011 Blog Kita79 is proudly powered by blogger.com | Design by BLog BamZ